MAKALAH SINGLE LINKED LIST (BAB 1 DAN 2)

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latarbelakang Single Linked List

Single Linked List dikembangkan pada tahun 1955-1956 oleh Allen Newell, Cliff Shaw dan Herbert Simon di RAND Corporation sebagai struktur data utama untuk bahasa Information Processing Language (IPL). IPL dibuat untuk mengembangkan program artificial intelligence (kecerdasan buatan), seperti pembuatan Chess Solver .

Victor Yngve di Massachusetts Institute of Technology (MIT) juga menggunakan linked list pada natural language processing dan machine transitions pada bahasa pemrograman COMMIT.

  1. Linked List adalah salah satu bentuk struktur data, berisi kumpulan data (node) yang tersusun secara sekuensial, saling sambung-menyambung, dinamis dan terbatas.
  2. Linked List sering disebut juga Senarai Berantai.
  3. Linked List saling terhubung dengan bantuan variabel pointer.
  4. Masing-masing data dalam Linked List disebut dengan node (simpul) yang menempati alokasi memori secara dinamis dan biasanya berupa struct yang terdiri dari beberapa field.

BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Pengertian Single Linked List

Pengertian:

  1. Single : artinya field pointer-nya hanya satu buah saja dan satu arah serta pada akhir node pointernya menunjuk NULL.
  2. Linked List : artinya node-node tersebut saling terhubung satu sama lain.
  3. Setiap node pada linked list mempunyai field yang berisi pointer ke node berikutnya, dan juga memiliki field yang berisi data.
  4. Node terakhir akan menunjuk ke NULL yang akan digunakan sebagai kondisi berhenti pada saat pembacaan isi linked list.

Single linked list adalah linked list dengan simpul berisi satu link / Pointer yang mengacu kesimpul berikutnya.

Operasi-operasi pada single linked list:

Penyisipan

Pada single linked list penyisipan terbagi atas tiga bagian, yaitu :

Penyisipan didepan

Penyisipan didepan pada single linked list adalah dengan cara menyisipkan data pada elemen awal list, sehingga pointer awal menunjuk list baru.

Penyisipan ditengah

Penyisipan ditengah pada single linked list adalah dengan cara menyisipkan data baru setelah elemen yang ditunjuk oleh variabel bantu pada list, kemudian pointer variable baru menunjuk pointer variable bantu.

Penyisipan dibelakang

Penyisipan dibelakang pada single linked list adalah dengan cara menyisipkan data pada elemen akhir list, sehingga pointer akhir menunjuk list baru.

Untuk Bab 3 (Listing Program dan Screenshot) dan 4 (Kesimpulan), kalau pengen lihat contohnya hubungin admin aja yah? hehe semoga bermanfaat.

One thought on “MAKALAH SINGLE LINKED LIST (BAB 1 DAN 2)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>